Daily Archives: Maret 28, 2008

Iklan HOLCIM

Standar

Menurut saya, HOLCIM telah membuat iklan yang bagus! Iklan dengan lagu que sera sera yang dinyanyikan oleh anak kecil. Entahlah, apakah iklan ini sudah dibahas di majalah MIX atau belum, namun menurut saya, iklan ini memiliki 2 jenis keberhasilan.

Satu, HOLCIM telah membuat iklan yang sangat enak untuk dinikmati, yaitu dengan lagu yang lembut & ear-catching atau easy-listening (jika diksi saya kurang pas, mohon masukannya). Sangat menarik perhatian. Setahu saya, tidak pernah ada brand semen lain yang pernah membuat iklan seperti ini. Iklan semen biasanya macho. Tapi beda sekali dengan image dari iklan HOLCIM ini.

Kedua, HOLCIM berhasil melakukan investasi dalam bentuk brand awareness ke memori anak-anak kecil. Karena anak kecil sangat mudah mengingat lagu. Bisa jadi, HOLCIM berharap pada anak kecil karena mereka adalah calon konsumen di masa depan. Pengetahuan akan suatu merek yang yang sudah lama eksis bisa menjadi salah satu pendorong bagi seseorang untuk mempercayainya sebagai suatu produk yang expert di bidangnya.

Saya mencoba bertanya pada adik saya yang tukang nonton tv, “coba sebutkan, semen yang kamu tahu apa aja?” Dia menjawab, “HOLCIM, Tiga Roda, dan semen putih.”

Hahahaha…. Semen putih. Tin… tin…. Lugu banget (lugu=lucu & guoblok) :D. Austin adalah adik keduaku, kelahiran tahun 1997.

Saya mencoba lagi bertanya pada keponakan saya, namanya Nadia (kelahiran 2000). “Nadia tau nggak nama-nama semen?” Apa jawabannya? “Tidak tahu”.

Tapi ketika papanya tanya, HOLCIM itu apa? “Semen,” jawabnya. Jadi dia tahu sebenarnya, tapi masih belum menancap banget. Maklum lah, masih 7 tahun setengah.

Mungkin saya harus merevisi pendapat saya, bahwa anak-anak yang bakal langsung ‘ngeh’ merek-merek semen itu yang usianya sudah mencapai angka tertentu. Tapi angka itu saya tidak tahu. Kan, tiap anak perkembangannya beda-beda. Pengalaman dan pengetahuan akan ‘barang yang namanya semen’ juga berbeda-beda. Jadi tidak semua anak juga akan ‘ngeh’ kalau iklan HOLCIM itu adalah iklan semen. Bisa jadi malah mikirnya iklan rumah. Hehehehe.

Anda setuju, dengan pendapat saya? Monggo komentarnya…

holcim