Kekurangan Samsung Y Duos

Standar

Berikut adalah review saya atas produk smartphone Samsung Y Duos.

Awal memiliki smartphone ini, saya merasa produk ini lebih memenuhi kebutuhan saya akan daripada Samsung Galaxy Mini (baca post ini: Genggaman yang Baru). Tetapi selang beberapa minggu, mulai ada masalah yang langsung terlihat, yaitu tombol back yang sering tidak merespon dan memory card tidak terdeteksi.

Pada saat bulan ke-2 kepemilikan saya pernah ke service centre Samsung untuk menanyakan hal ini. Pihak service centre mengatakan bahwa untuk mengatasi masalah tersebut bisa dengan cara mengganti panel LCD (untuk masalah tombol back tidak respon) dan upgrade software si Galaxy Y Duos karena software bawaannya kerap menimbulkan masalah memory tidak terdeteksi.

Hal yang tidak bisa dilakukan karena memory card tidak terdeteksi adalah mengakses aplikasi yang tidak tersimpan di phone. Biasanya saya atasi dengan me-restart smartphone. Sedangkan ketika tombol back tidak merespon, saya akali dengan menekan tombol home dan kemudian saya balik lagi ke aplikasi di mana tombol back itu ‘hang‘. Biasanya bisa. Oleh karena masih bisa mengakali ini hingga sekarang saya tidak kunjung datang (lagi) ke service centre Samsung. Malas karena panas di jalan (saya pengguna motor).

Demikian review saya atas kelemahan Samsung Y Duos yang saya alami. Semoga tidak terjadi pada milik Anda. :)

About these ads

116 responses »

  1. .ane jg pengguna Gayung Duos bro. .

    .klo mslah tmbol back gak respon mngkin gra” tangan agan b.minyak. ap basah ato tombolnya kotor. .
    kalo tmbol back ane ga ngrrspon biasanya ane gosokin jempol ane ke baju (niatnya ngebersihin jempol) . kalo mash ga ngrspon giliran tmbol backnya yg ane usapin ke baju. .hhe

    kalo mslah memori sring lepas tak terduga ato tdk trdtksi. .kata para ahli android. memori bawaan yg ada d.gayung duos itu jelek. .solusinya harus ganti micro sd yg classnya lbih tinggi. .
    katanya si yg cocok bwat gayung duos itu micro sd class 4 ato 6. .itu uda bgus. .

    .masalahnya penjual micro sd skrang kaga tau yg namanya class2 gituan. .taunya cuman merek ame kapasitas memori.a doang #capedehhh

    • Trims ya untuk infonya. Saya baru dengar ttg SD Card bawaan yg jelek. hehehe.
      Untuk masalah tangan berminyak/kotor, saya sangsi, karena sudah pakai anti-gores. Katanya CSO di Samsung, screen guard bisa membuat ‘tombol’ tidak peka. Saya sendiri juga sangsi dengan hal itu karena saya merasakan tombol back bermasalah hanya ketika internal memory ‘overload’. Jadi saya menduga masalahnya ada di situ. Sekarang lagi cari gantinya Galaxy Y Duos nih. :)

  2. klo sya pke glxy y duos kluhan sya hnya intrnet’y.knpa loading’y lelet amat….sdangkn sya sdah bli kuota unlimtd tpi ttp za lelet dn pke krtu seluler apapn sma za..apa lg klo buat down load video 15 MB sja bsa setengah jm loading ‘y..

    • Mengenai internet lelet, saya rasa bukan karena HPnya. Tapi lebih pada providernya. Lokasinya Mas/Pak Hery mungkin coverage untuk internetnya lemah untuk semua provider. Saya sendiri jarang download lagu (apalagi video). Nampaknya download yg berat2 memang kurang cocok untuk Samsung Galaxy Y Duos yang RAMnya tergolong kecil.
      Menurut pengalaman & riset saya, internet unlimited itu setelah ‘kuota’nya habis, kecepatan turun dan malah nggak bisa ngapa2in. Makanya saya nggak suka pake paket unlimited, karena toh lemot banget dan ga guna kalau ‘kuota’nya habis. Setahu saya semua paket unlimited pasti ada ‘kuota’nya. Saya sendiri selalu pake paket kuota. Jelas. Kalau habis, saya bisa beli paket yg baru, yg kecepatannya terjamin.

  3. Sorry telat, aku jug punya gadget ini, sebenarnya udah lama, tapi baru kali ini aku nemu tempat buat ngaduin keluhan tentang samsung ini.
    Samsung Galaxy Young Duos, penampilan bagus, OS keren.. android punya, tapi masalahhya, hape ini sering banget tidak bisa dihubungi, padahal sinyal ready n full time. kadang hal ini bikin ribut antara aku sama temen2 n kolega… ngertine mereka nomorku jarang aktif.. padahal selalu aku pasang n aktifin di hape ini. aku aktifin dua2nya kadang ga ada yg bisa dihubungi (terutama via call), aktifin cuma satu sim (SIM 1), tetep aja spt itu, lalu coba aktifin cuma SIM 2 tetep aja sama, aku pikir apa karena terlalu banyak aplikasi?.. lalu aku reset hp n ilangin semua aplikasi tambahan, lalu aku coba lagi, tetep sama aja. aku jadi benci banget hape ini, mau ganti samsung yg laen… masih trauma.. takutnya samsung yg lain juga kay gini.
    Mohon pencerahannya temen2…..

    • Sekarang ganti HP apa? Saya sendiri sih sudah disarankan untuk tidak beli lagi HP jenis dual SIM, berat kali ya. Untungnya saya sendiri ga pernah bermasalah dengan “hape tidak bisa dihubungi”. Tapi terakhir sih memang SIM card kedua saya pindah ke HP lain karena sudah nggak bisa terima SMS. Entahlah, semacam inbox yg penuh. Padahal ya inboxnya sedikit isinya. Kudu ganti hape yg kapasitasnya lebih gede lagi kayanya. Hehehe

    • send report ke Google ketika ada problem/crash ya? itu memang prosedurnya supaya Google bisa tahu perbaikan apa yg bisa mereka lakukan. Tapi bisa dipilih juga untuk tidak send report, sekedar hanya force close aja application-nya

  4. nah, sekarang ni ane jg pny y duos. tapi kenapa yah, dia sering banget minta di install software update. padahal udah gw install, namun minta lagi minta lagi. mohon pencerahannya yah gan.

    • saya rasa hang pada HP kemungkinannya 2: kena virus (android rentan terkena virus) atau kapasitasnya overload. :) untuk lebih pastinya langsung saja ke Service Center Samsung, Mas/Pak Andre.

  5. aq baru pakai hp ini. belum tahu lebih dalam. cuma pulsa kok kesedot terus. gimana ya cara setingnya agar yg bisa unt internet cuma di salah satu sim card

    • Pemakaian paket data bisa diatur dari SIM 1 atau SIM 2. kalau nggak salah di sini: Settings/Wireless and networks/Mobile networks/Network operators
      Kesedotnya pulsa bisa jadi dari operator, bukan dari HPnya. Saya pakai Axis, kalo ada apa2 saya hub operatornya, saya minta segala konten itu di-unsubscribe supaya pulsa saya tidak tersedot.
      Bisa juga yg terjadi adalah paket data belum terdaftar sehingga sedot pulsa untuk pemakaian data tanpa paket internet berlangganan, hubungi saja operator provider Anda. Good luck!

    • kalau ada masalah pada software, mendingan hubungi service centre untuk diinstal/format ulang. jangan lupa persiapkan backup data sebelum ke service center supaya nggak bolak-balik karena belum siap.

  6. Saya mau beli hp ini tapi saya bingung beli hp young /young duos. Karena kalau y duos katanya banyak masalah hpnya. Mohon bantuannya. Thank’s

    • Adik saya (SMP) menggunakan Galaxy Y, jadi saya bisa memberikan sedikit gambaran.
      Menurut saya, karena saya sudah lebih terbiasa untuk menggunakan smartphone dengan layar yang 3.14″ maka layar Y kurang lebar. Galaxy Y Duos lebih lebar dan lebih enak untuk ngetik (bagi saya).
      Y Duos banyak masalah itu subjektif, karena penggunaan tiap orang berbeda-beda. Saya merasa Y Duos baik, namun ya saran saya, jika ada masalah dari awal, jangan segan segera komplain ke service center.
      Galaxy Y sendiri memiliki sensitivitas yang kurang di tombol back, sama saja dengan Galaxy Mini yg sebelumnya saya pakai, maupun dengan Galaxy Y Duos.
      Pilihan kembali kepada Anda. :)

      • maaf mb,ikutan nimbrung ya…
        q jg pke galaxy y duos.msalahx sma tmbol backx emang agk eror.trus q mo nanya nih,gimana ya crax internetan dgn sim2?slama ni q aktifin sim1 n intrnetan pke sim1 ga da mslh.nah pas q pgn intrnetan pke sim2 ko ga bsa,pdhl dah trlnjr dftar paket data.apa yg msti sya lakukan?

      • bisa, kok Mbak. Masuk ke setting > SIM card manager > SIM 2 activate use network dicenteng. Kalau gagal/nggak nemu. Mending SIM card dipindah aja. yg tadinya di SIM2 pindahin deh ke SIM1. Beres. :)

  7. saya juga pengguna y duos baru beli bln januari kemarin, memang benar saya jg merasa kan tombol back kurang sensitif kadang ga bisa, dan suka ngerestart sendiri, katanya kalo sering ngerestart krn memori penuh,dan sekarang saya lagi ada masalah dengan memori nya, jadi setiap saya download aplikasi memang tersimpan di memori eksternal dan sudah keinstal tersimpannya jg di memori eksternal, ttp selain memori eksternal berkurang memori internal nya jg berkurang, saya bingung, jadi setiap memori internal penuh pasti saya menghapus aplikasi yg tersimpan di eksternal, mohon solusi nya

    • Wah, ada yg senasib dengan saya. Kalau saya hitung, anggaplah HPnya sudah dipakai 2 bulan lebih, ya. Memang betul, sesuai dengan pengalaman saya, memory internal saya sering sepenuhan setelah beberapa bulan. Akhirnya yg saya lakukan adalah terus menerus mengurangi jumlah aplikasi sehingga yg tersisa sekarang cuma yg sangat sering saya pakai: Whatsapp, Seeismic, 1 game Shoot Bubble, Screen Capture, dan Youtube. Sedikit sekali, bukan? Dan secara berkala, seminggu sekali atau lebih sering, saya harus remove data dari applikasi2 tersebut. Dan bertahan sudah beberapa bulan ini, belum colapse dia :P

      Menurut saya, ini karena aktivitas dan app yang diinstal sangat intens. Kalau memang butuh app yang banyak dan beragam, saya sarankan untuk segera ganti HP, mumpung HPnya masih 4 bulan, masih laku kalau mau ditukartambah. Terakhir saya tanyakan bulan Januari yll di Ambarrukmo Plaza, Jogja, kalau saya stukar tambah dan kondisi HP mulus bisa dihargai 700rb, kalau lecet, maks 500rb.

      Semoga jawaban saya membantu, ya.

    • Samsung Galaxy Mini 2 launchingnya Maret 2012. Means secara teknologi ia sudah tertinggal 1 tahun. Saya tidak merekomendasikannya, karena akan semakin ketinggalan ke depannya.
      Tapi, masih bisa dipertimbangkan untuk Anda beli jika ini adalah HP Android pertama Anda. Untuk orang yg amatir & baru pertama kali memegang Android, boleh saja.
      Kalau boleh tahu, sebelum ini Anda menggunakan HP jenis apa?

  8. ponsel saya juga samsung y duos nih… saya punya masalah juga..

    1. ada image yang masuk ntah dari mana tetapi masih berupa foto saya, 7 image dg 3 foto yang sama hanya saja image ini gak bisa di hapus dan gak tau dimana filenya waktu nyari di folder.. saya ingin menghapus image tersebut..

    ke 2, ringtone untuk sms saya sudah di buat berbeda masing-masing nomer, tapi kenapa ringtonenya tetap sama. (knock) bahkan skrng sudah di ganti keduanya tapi tetap saja masih berbunyi (knock). ini bagaimana solusinya yah?

    adakah yang bisa bantu? :(

    • 1. Mungkin maksudnya ada foto yang tereplikasi ya? Tidak bisa dihapusnya melalui HP atau melalui card-reader-yg dihub ke laptop/tablet? Kalau tidak bisa dihapus dengan cara kedua, saya juga begitu. Saya hanya berhasil menghapus foto2 langsung dari HP. Ini bentuk perlindungan file yg saya belum utek2, gimana untuk ‘menghilangkan proteksinya’

      2. Apakah langkah2nya sudah benar seperti ini: View Contact > Edit > Ringtone (diganti pilihannya) > Save. Kalau save tidak dilakukan, maka pilihan ringtone tidak akan tersimpan.

      Jika masih tidak bisa & penasaran. Bisa jadi ada bug. Langsung dibawa ke service center aja.

  9. 1. Hp saya gayung duos br 2 bln pakai, prnh kjdian tdk bs kirim dan terima sms. kt service center memori internal penuh krn trll byk aplikasi. brp seharusnya kapasitas memori internal yg hrs disisakan/free?
    2. bgmn cr menghemat batray? kok cpt skl hbsnya….

    • 1. Memang benar sekali. Itu juga kejadian di saya. Y Duos saya sudah nggak bisa terima SMS. Sekarang saya sisakan 20 MB dan bisa masuk SMSnya. Kalau sudah di angka belasan, sudah nggak bisa masuk.
      2. Jika tidak sedang internetan, diset ke 2G, brightness diturunkan, data aplikasi diupdate setiap 30 menit sekali (maksudnya twitter/FBnya datanya masuk tiap 30 menit, nggak tiap 5 menit sekali).

  10. saya juga pengguna samsung galaxy y duos yg saya alami setiap download aplikasi teris di bilang memory penuh padahal saya lihat memorinya masih bayak yg kosong gmna itu,,,,,,,!

  11. bingung nih , mau beli samsung galaxy y duos atau samsung galaxy pocket ..
    bguss yg mna ya kira2 ???
    mohon bantuan.a

    • Ini kelebihan dan kekurangan masing2:
      Y DUOS
      layar lebih lebar, max data speed lebih cepat (7.2 Mbps vs 3.6 Mbps), kamera lebih besar megapixelnya (3.15 MP vs 2 MP), video lebih baik (24 fps vs 15 fps).

      POCKET
      lebih ringan, internal memory lebih besar (3GB vs 160MB), baterai lebih awet karena kebutuhan lebih kecil (stand by up to 500h vs 360h), lebih murah.

      Semua kelebihan dan kekurangan kemudian jadi relatif untuk tiap user, untuk yg ga butuh kamera (misal lbh suka pakai kamera poket biasa) mungkin ga butuh smartphone dg kamera super.
      untuk saya pribadi, karena saya pengguna kelas berat dari aplikasi social media, maka saya akan lihat processornya dan internal memorynya. saat ini internal memory 160MB untuk saya sangat tidak cukup.

      selamat memutuskan…

    • recommended atau nggak itu tergantung kebutuhan orangnya. seberapa tinggi aktivitasnya. aplikasi apa yg akan sering digunakan. hp apa yg sekarang digunakan. :) kalau tau background penggunaan HP Anda sekarang, mungkin saya bisa bantu.

      • Ikutan nimbrung yaa :)
        Saya jg pengguna galaxy y duos sdh hampir setahun. Kendala yg kita hadapi sama mbak, tombol back yg gak ngerespon sm masalah kartu SD yg gak terdeteksi. Dipenjelasan mbak katanya klo mau ngebenerin kartu SD yg gak terdeteksi dgn cara upgrade softwarenya. Yg mau saya tanyakan, kenapa tiap kali saya mau.upgrade tuh software selalu gak respon?? Masalahnya dimana yaa kira2?? Mohon pencerahannya mbak :)

      • Hallo, makasih udah nimbrung di sini. Ternyata produknya defectnya di situ, ya :)
        Saya mau konfirm dulu, upgrade software yg dimaksud ini software apa ya? Soalnya yg disarankan pihak CS Samsung adl upgrade dari pihak mereka, tdk bs kita lakukan sendiri. :)

    • Bagus itu relatif. Lebih mentingin apanya, dual sim/ukuran LCD/harga/internal memory?
      Kebutuhannya seperti apa? Coba cek post terbaru saya ttg Lenovo P700i mungkin jd bs mengamati cara saya memilih HP sesuai budget dan kebutuhan.

  12. tambahan nih katanya memang seperti itu kalau kita donlot program atau aplikasi yg tersimpan dimemori eks pasti memori int nya kemakan, jadi mesti pinter” ngatur memori, kalau saya lumayan sih di y duos ada wechat line whatsapp dan kakao, cuman buat game cuman ada 2 itu juga yg makan internal brp ratus kb doang, baca” di google memori internal sih bisa ditambah pake link2sd kalo ga salah cuman hp nya mesti di root dulu, cuman kalau di root sama aja menghilangkan garansi dr samsung itu sendiri, tp kelebihannya kita bisa ngotak ngatik sendiri gitu deh. sebenernya saya rada nyesel sih pilih y duos abis pas itu belinya buru” *curhat* saya kepikiran buat tukar tambah atau jual lagi hp nya ganti yg baru cuman saya kurang mengerti dengan jual atau tukar tambah, sebenernya tukar tambah sama jual harga nya sama atau beda? trus kalo mau jual itu komplit sama box nya ada charger, earphone, kabel usb komplit atau hp nya doang? lalu dijual di tempat dulu beli atau di tempat lain?
    trus nih kira” gantinya apa yah? saya sih pengennya yg memori nya lumayan besar ada kamera depan ada flash kamera nya udh gitu hrganya ga terlalu mahal, td nya sihbsaya pikir ace 2 itu udh lumayan cmn os nya masih ginger bread tp gpp sih, cuman hrganya masih 2juta lebih yg harganya kurang dr 2 juta kira” apa yah? maklum kantong tipis hehehe maaf banyak nnya sekalian gitu ckck

    • Mengenai jual Y Duos saya sarankan disegerakan, karena dg internal memory segitu kayanya bentar lg udah ketinggalan zaman. Jualnya bersama box komplit isinya seperti waktu beli.
      Gantinya? Saya ganti ke Lenovo P700i. Cek review saya, deh.

  13. oia nih saya mau tanya bedanya tiap os itu apa sih? kaya jelly bean sama ics? trs saya beli hp y duos akhir januari masih mulus kok ga ada lecet kalo di jual brpaan yah?

    • Januari yll saya tanya yg Y Duos seken mulus 700 harga belinya, yg ga mulus 500. Tapi itu tergantung pembelinya juga, kan. Saya waktu itu nanya harga jual kembalinya di Ambarrukmo Plaza Jogja.

    • Bedanya OS yg J pasti lebih canggih daripada I. Nanti yg K lebih canggih dari J. Kecanggihannya ya mengakomodir perkembangan teknologi, grafik makin tajam, mengakomodasi air gestures (layar tdk usah disentuh tp cukup gerakkan jari di udara depan HP). Kalo spesifik bedanya bisa browsing2 di internet, dear.

  14. softwarenya itu loh di update. kan ada tuh di pengaturannya… “update software”
    oyaa aku juga mau nanya nih. kamu msh pakek kan Y Duosnya? Punya kamu bisa nginstal aplikasi path gak? Kok di HP ku gak bisa yaa -,- alasannya “perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini”. itu maksudnya apaaa? -,- mohon penjelasannya, makasih :)

  15. Sya pnguna y duos.
    ne hp sy prnh tk bwt smsan tapi pas mau ngetik tu layar respon tapi di hp nya gk kluar tulisan pesan yg sy buat. trs mau download game, kira2 game apa yg cocok, soal udah bolak balik down load tapi gk bisa di buka.
    tolong bantuanya

  16. ternyata bukan HP saya aja yang mengalami hal itu. tombol back ga merespon, ada peringatan ‘kapasitas hampir habis’. Dan parahnya saya ga bisa nerima sms, gimana ya solusinya biar bisa nerima sms lagi?
    mohon bantuannya

    • SMS sudah nggak masuk karena internal memory di bawah 20MB. Coba kurangi app Anda kalau masih bisa. Kalau udah ga bisa saatnya beli yg internal memorynya lebih besar seperti yg saya lakukan. Cek post saya ttg Lenovo P700i. :)

  17. saya pake y duos ni…memory udah class 10,file udah ga ilang2 ,memory bawaan emang jelek plg umur 2 bulan.klo phone ini susah dihubungi memang ke2 sim card harus aktif tp tanpa pengalihan panggilan dr sim 1 ke sim lainnya,gmn caranya?
    karena ini dual sim card maka batre sering boros palagi bwt nge-net,saya sarankan pake aplikasi du battery saver yg pro…tombol back masalah..di reboot aja sudah klo hp nya dah di root.tq

    • Terima kasih sarannya.
      Ttg panggilan, saya tdk ingat pernah ada masalah telp susah masuk ke kedua nomor yg aktif.

      Kalau root, selama HP masih dlm garansi, mending jgn di-root. Menghilangkan garansi.

  18. mau tanya nih..
    aq mau download line jelly kok gbs ya d play store muncul tulisan

    “perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini”

    mohon solusinya ^^

  19. kalo sd card gak kedeteksi berarti harus ganti sd card yg kelasnya lbh tinggi? ada cara buat ngakali lewat software gak? soalnya aku pernah update kernelnya, apa itu ngaruh? terimakasih :)

      • sd card saya tiba tiba gak bisa terbaca dimana-mana. di hp teman saya tidak bisa, saya connect usb pun tidak bisa. yang saya khawatirkan, data didalamnya belum sempat saya backup, padahal banhak data penting didalamnya ._. jikalau saya format ataupun beli sd card baru, apa bisa mengembalikan data data yang ada di sd card saya yg tidak terbaca ini? terimakasih :)

      • Oh.. mini SD rusak? Mmg storage sprti mini SD/SD card gampang rusak. Mo restore data mending hub org2 di toko komputer/service komputer. Klo di gadget lain udah ga detect biasanya udah ga ketolong. Turut berduka. Saya paham rasanya kehilangan data.

      • Kalau udah ga detect saatnya LemBiru. Lempar beli baru. :) Kenyataan kadang pahit. Oba browse lg aja via Google siapatau ada secercah harapan. Teknologi kan terus berkembang, siapatau itu sekarang memungkinkan.

  20. mm kalo tombol back bermasalah kalau dual sim aktif,ketika sim hanya aktif 1 tidak pernah bermasalah.
    dan apabila bermasalah biasanya dengan kita sentuh aplikasi bersangkutan dan kita sentuh lagi tombol bacj maka akan lancar..
    saya kira karena software nya bukan hardwarenya…
    tq,y duos ciamik dikelasnya….

  21. galay y duos murah,memang ada kelemahane tapi kelemahannya isa diatasi…
    isa download pe 800kbps…wow
    quadband,jadi bagi trevelers ngak perlu bingung sinyal…
    karena lebih kuat dibanding hp sekelasnya…TOP BGT…

  22. aku upgrade pake ice cream sandwich…jadi lebih maksimal…
    untuk game 3d supaya isa bagus pake aplikasi chainfire 3d…

    buat pengguna y duos jangan kecil hati ya,kelebihane banyak,kekurangane isa diatasi…

    tq

  23. setelah.. download apps kemudian istal kenapa ada pemberitahuan “Kapaitas pada penyimpanan istem tidak cukup” “Hapus/hapus istalan beberapa aplikasi atau data lalu coba lagi” padahal memory masih free .
    mohon bantuan nya

  24. Hi mbak.. saya juga pengguna Gayoung 2 dan udah dari November. Buat saya ga ada masalah sih.. knp memory inter penuh? karena chache di simpan di internal. dan harus sering di bersihin. nah untuk menyiasatinya.. upgrade internal dengan tambahan dari MicroSD. yang class 10. harganya cuma 100rb an di sby. itu 16GB. vgen bisa juga pake bawaan samsungnya.. nah terus di partisi itu mmc.nya tapi harus di root dulu ya ibuk2.. dan resikonya paling handphone ngelag dan loop botting kalo gagal hahaha..

    tapi kalo berhasil.. wailaaaa… ACE aja kalah :3 sekarang saya pake OSnya prototipe Jellybean .. dan lumayan.. walaupun yaa.. cuma buat mainan dan dapat di kantongi. ^^

    untuk masalah tombol back.. memang kalo kalian tekan itu TERKADANG ga bisa. jadi saya sarankan. Di USAP dari atas ke bawah :) dan itu berhasil.

    apa lg keluhannya?? ^^ itu aja ya sementara…

  25. ane pengguna Galyoung Duos jg nih…
    emang iya sih tombol back nya bermasalah, tapi ane atasin make Virtual Button kayak di ICS atau JB…
    trus klo masalah sdcard gk kedeteksi mungkin sdcard ente class3 kebawah… makanya beli sdcard yg class6 keatas biar cepet ngedeteksi sdcardnya…
    selain yg diatas tadi, ane gk pernah ngalamin kerusakan pada galyoung duos, soalnya systemnya udah ane obrak abrik wkwk~

  26. Ane Juga Pengguna Y duos nih uda 1 taun ini… tapi kenapa akhir2 ini sinyalnya melemah dan tidak stabil pada saat di dalam ruangan ya?? padahal ane tinggal di kota besar… terus juga sinyal internetnya sering mati tanda panah ke atas n bawahnya ane pake 1 kartu gan
    mohon pencerahanya dong….

  27. mau sms pke sim 2 di samsung galaxy young Duos gimna caranya ya?? udah di ganti di menu barnya msh ga bisa?? udah di ganti stand by yang aktif sim 2 juga ga bsa,,!!

  28. sya pke y duos juga
    ni hp kameranya sering ngebug tiba” gak bisa gt
    trus file gambar digalery tiba” rusak
    ditambah memory card sering blank sd card gt n minta diformat

    • ada yg bilang SD cardnya mutunya kurang baik. kalo semacam hang itu bisa jadi karena bug pada software (solusi: ke service center minta install ulang), atau memory kepenuhan (solusi: delete data2 tidak penting seperti foto, musik, dan video, terutama yg berasal dari grup chat, sgt cepat memenuhi memory) (solusi 2: beli hp baru yg memory lebih besar).

  29. saya juga pengguna young duos ni, hp saya suka restart sendiri, bagaimana caranya agar normal kembali seperti biasa?
    makasih sebelumnya atas jawaban teman-teman…

    • tergantung sebelumnya pake HP apa, dan tingkat aktivitas penggunaan smartphone (intensitas: pagi-malam atau malam aja) (app yang dipakai: hanya whatsapp aja, atau pakai instagram, path, facebook, line, kakao talk bersamaan).

      • permisi…
        sy pengguna gayoung duos juga nih..

        mau nanya, apa bisa upgrade os ke jelly bean or kitkat di samsung center nya? kira-kira berapa keluarin uangnya?

        terima kasih

      • saya rasa untuk upgrade ke Jelly Bean / Kitkat, kayany speknya nggak cukup. Tapi saya nggak tau juga. Siapatau memang bisa. Tapi kalo dilihat dari spek, nampaknya tidak support. Mungkin ada teman2 yg lebih ngerti.

  30. Saya mau naya saya pengguna y.duos
    saya dah pake memory eksternal 8g tapi selalu muncul kayak bntuk kaset bahwa penyimpanan semakin lemah tiap saya download app..
    Mohon sarannya ya
    thkns :-D

    • Karena sebagian besar aplikasi tidak (dapat) disimpan di external. External lbh berfungsi u/ simpan foto video dan lagu. Aplikasi hanya sedikit yg bs dialihsimpankan di external memory. Anda nampaknya butuh HP dg internal memory lbh besar jika butuh app yg banyak. Atau hanya butuh reset factory. Sekedar uninstall app akan ttp menyisakan bnyk space yg terpakai di internal memory. Nampaknya data backup atau cache atau semacamnya.

  31. Kalo samsung s
    Galaxi young saya tidak bisa SMS n nerima SMS ya MBA… Minta infonya dunk. Padahal aplikasinya sudah banyak saya hapuskan

  32. Kalo saya nih gan masalahnya sama kameranya. Jd kameranya itu mode fokusnya horizontal & itu berefek sama foto yg di hasilkan. Kalo dulukan tinggal gerakin hp mode fokusnya langsung berubah sendiri tp sekarang kok gk bisa ya gan. Itu kenapa tuh gan. Tolong di bantu yahh

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s