Kerja di Jogja Gaji Jakarta

Standar

Tidak hanya sekali saya mendengar ada teman yang berharap bisa mendapatkan pekerjaan di Jogja dengan gaji Jakarta. Gaji Jakarta hanyalah istilah untuk menyebutkan gaji dengan standar kota metropolitan, bukan kota kecil. Teman lelaki, teman perempuan, saya pernah mendengar dari keduanya.

Ada sedikit teman dan kenalan (bisa diitung pakai jari di satu tangan) yang sangat beruntung karena pekerjaannya ditempatkan di Jogja dengan gaji yang sama dengan gaji yang diterimanya ketika masih di Jakarta. Ya, mereka sudah pernah ditempatkan di Jakarta sebelumnya.

Ada lagi teman yang bekerja di perusahaan minyak/tambang yang bilang, “Kalau ada kerjaan di Jogja dengan gaji di site, wah… pasti saya ambil.” Saya cuma senyum-senyum saja mendengarnya. Itu sih banyak orang juga mau. Hehehe.

Nah, kerja apa sih di Jogja biar bisa dapat gaji Jakarta?

Dari beberapa kenalan saya, tidak ada yang mendapat gaji Jakarta dan penempatan Jogja secara langsung. Mereka setidaknya pernah bekerja di Jakarta atau daerah lain (terutama di luar Pulau Jawa). Ada yang sebagai auditor internal, banker, dan sales manager. Jadi, menurut saya, untuk para pekerja/pencari kerja yang berharap mendapat gaji besar namun ditempatkan di Jogja, carilah kesempatan itu melalui perusahaan yang prospektif dan mulailah cari di luar Jogja, terutama cari yang memiliki kantor cabang di Jogja.

Menurut seorang karyawan perusahaan nasional, di perusahaannya, wilayah Jawa Tengah & Yogyakarta hanya bisa ditempati oleh orang yang paling berprestasi/paling lama mengabdi di perusahaan tersebut. Karena Jogja Jateng adalah wilayah idaman.

Beberapa freelancer (senior) di bidang IT/desain bisa mendapatkan gaji yang besar jika sudah pernah mengerjakan proyek dari luar negeri/perusahaan nasional & global.

Saya rasa itu yang saya tahu tentang bekerja di Jogja dengan ‘gaji Jakarta’. Jika ingin memiliki pemasukan yang tinggi dengan aktivitas yang relatif santai, sebaiknya menjadi konsultan, pembicara, business owner (tanpa menjadi manager) atau investor.

Selamat mencari cara merasakan bekerja di Jogja dengan gaji Jakarta… Good luck.

7 responses »

      • hahaha.
        to be honest, I feel sorry for those people, either for them to not knowing the truth of how hard it is to work in Jogja while having a lucrative paycheck, or for their laziness to dream such thing.
        so in a way I want to explain them that it’s truly hard to achieve that, while in the same I know my mouth will talk badly to them.
        that’s when I stop. :))

  1. Salam kenal Mbak Aurelia,
    Saya eks UGM angkatan 91. Saya menemukan website anda dari google dan sudah jadi “silent reader” beberapa artikel anda. Jaman saya kuliah dulu juga sudah ada topik seperti ini. Sebetulnya esensinya menurut saya adalah bagaimana kita bisa menikmati bekerja, income yang diperoleh, dan kehidupan (berkeluarga) kita. Jika semuanya bisa kita nikmati, ya begitulah rasanya “kerja di Jogja gaji Jakarta”. Misalnya saya membayangkan kerja di Jakarta mungkin saya akan menderita tidak bisa antar jemput anak apalagi pulang ke rumah saat jam istirahat kantor. Maaf jadi panjang lebar. he..he..he..

    • Terima kasih Pak Doni. Benar sekali apa yg disampaikan Bapak. Kalau di Jakarta antar mengantar sih mungkin bisa, tapi harus bangun lebih subuh atau dengan memiliki jam kerja yang fleksibel. Hehehe.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s