Yang Alami Seringkali Kurang Menjual

Standar

Saya sedang merancang business plan baru. Saya excited banget karena bisnis baru ini rencananya akan saya modali sendiri. Daaan, saya mau tumpahkan idealisme saya di situ. Ini bisnis punya visi dan misi sosial sebagai fondasinya. Wuaah, keren nggak tuh. Mikirinnya aja udah bangga.

Courtesy: cce.clark.edu

Jadi, akhir-akhir ini kerjaan saya mikir nggak henti-henti. Mikirin bisnis ini butuh apa investasi berapa, desainnya gimana, alat produksinya apa aja, produknya apa aja, hingga sampai juga di bagian “proyeksi penjualannya gimana nih?”.

Ketika saya membuat proyeksi penjualan menggunakan data penjualan real dari bisnis yang mirip-mirip (dan saya sangka sudah cukup rame/sukses), saya menemukan KENYATAAN bahwa penjualan normal itu hanya menghasilkan 20-40% dari MINIMAL SALES yang saya inginkan. Nah lho… 60-80% sales-nya harus dikejar dengan cara apa nih?

Mulai deh saya mikir untuk bikin rencana promosi, menambah produk yang ditawarkan, mencari target market tambahan, dll.

Biasa deh, kalau udah mikir, mikir, dan mikir (baca: kepentok masalah), yang muncul di kepala malah filosofi hidup.

Kalau mau yang alami, memang hasilnya nggak akan WOW. Analoginya seperti Kim Kardashian. Kalau nggak pakai make-up, treatment kecantikan, pakaian mewah, Kim Kardashian nggak akan se-dasyat yang kita kenal.

Balik ke konteks bisnis, butuh usaha lebih supaya penjualan itu bisa BOMBASTIS (hehe, lebay). Upaya nomor satu, iklan.

Courtesy: celebritiessb.blogspot.com

Courtesy: yeeeah.com

Saya orang yang suka mengamati iklan. Wah, iklan yang ini bagus, iklan yang itu nggak masuk akal, iklan yang itu norak, dsb. Saya punya bakat untuk mengkritik, melihat hal jelek dari sesuatu. Hahaha.

Nah, sekarang saya nih yang kepentok harus bikin iklan. Hahaha, kena deh gue. Untuk itu saya mau beriklan ala Jokowi, iklannya ga ditampilkan, tapi produknya sendiri sudah menonjol, servisnya sendiri sudah menjual. Iklan yang saya butuhkan mungkin cuma publisitas, bukan public relation. Nah, kan… Udah saya bilang, ini proyek idealis. Hehehe.

Tinggalkan Balasan

