Bali Agung: Pertunjukan Megah dan Keberuntungan Mendapat Harga Miring

Standar

Sejak dari awal merencanakan liburan ke Bali, saya sudah dapat rekomendasi word-of-mouth mengenai Bali Agung. Inti pesannya

Kamu harus nonton. Soalnya aku yang udah nonton aja pengen nonton lagi

Itu diucapkan salah seorang dari tim bolang kali ini. Widihh…. dibayar berapa sama Bali Safari, bli? Hehehe…

Animal Show

Kami naik mobil sewaan untuk ke Bali Safari. Sampai Bali Safari agak terlambat (tidak sempat menonton acara Animal Show). Hal yang pertama dilakukan adalah naik mini bus dari daerah pintu masuk ke daerah tempat kebun binatangnya. Segera kami menuju tempat Elephant Show.

Elephant Show

taman-safari7

Photo Courtesy: tourbalimurah.com

Elephant show berlangsung sebentar, hanya sekitar 30 menit. Karena sedang rame banget, tidak bisa duduk untuk menyaksikan pentas gajah-gajah tersebut. Tidak seperti bayangan saya. Ternyata gajah ini tampil bukan sekedar unjuk kebolehan, namun ada skenario-nya. Spoiler: Kisahnya tentang penebangan liar, kisah hutan yang didiami kawanan gajah, namun ditebangi manusia dan dijadikan desa, hingga akhirnya ada bentrok dan berbagai korban jiwa dari pihak gajah dan manusia. Kisah diakhiri dengan keharmonisan yang kemudian tercipta antara kehidupan gajah dan manusia.

Pada akhirnya saya bisa mengangkat gajah! (bo’ong banget)

Setelah pertunjukan gajah, ada jeda waktu yang cukup lama agar pengunjung sempat untuk melakukan Safari Tour dengan mini bis mengelilingi Bali Safari dan melihat hewan-hewan seperti berbagai jenis rusa, berbagai jenis sapi dan banteng, zebra, kuda nil, harimau loreng, singa, kambing gunung, dsb. Di dalam mobil tour rasanya nyaman (jika penumpang di mobil itu sopan) karena ada AC yang sejuk dan tour guide yang menjelaskan tentang binatang-binatang tersebut. Anda sedang apes jika di dalam mini bus ada orang yang suaranya terlalu keras atau anak kecil menangis, kenyamanan pasti jauh berkurang.

Souvernir shop

Selain tour dengan menggunakan mobil, masih ada kegiatan lain yang bisa dilakukan sembari menunggu pertunjukan Bali Agung. Ada binatang-binatang seperti landak, komodo, harimau putih, ular, berbagai jenis ikan (termasuk piranha), unta dan souvenir shop untuk dilihat-lihat.

Yang ditunggu dan paling spesial akhirnya tiba juga. Nonton pertunjukan Bali Agung yang dibawakan oleh sekitar 150 orang penari. Ini adalah pertunjukan teater musikal pertama yang saya tonton. Keren!

Photo courtesy: balitheatre.com

Pemainnya banyak sekali, koreografinya kompleks, rumit tapi sangat indah dan megah. Lighting dan set panggungnya sangat menarik. Suaranya jelas karena narasi dan semua percakapan sudah direkam secara profesional. Pertunjukan ini membuat Bali bisa bersaing dengan hiburan kelas dunia. Bagi yang akan segera ke Bali, harus sempetin nonton! Lama pertunjukannya 1 jam, yaitu pukul 14.30 – 15.30 WITA.

Sesuai janji saya di judul, saya mau kasih tau bagaimana kami bisa mendapatkan harga murah yang saya maksud.

Kami memilih paket SILVER (Safari Explorer B) dan melakukan reservasi melalui e-mail terlebih dahulu. Di e-mail kami mendapat penawaran harga sesuai dengan yang menjadi harga di berbagai situs internet, yaitu Rp230.000 per orang. Akan tetapi kami tidak melakukan pembayaran terlebih dahulu, kami melakukan pembayaran di tempat (on arrival). Ketika menyampaikan kode booking dan paket yang diambil, kami diberi tarif Rp180.000 per orang (artinya kami hemat Rp50.000). Itu artinya ketika melakukan booking, marketing officer tidak menuliskan jumlah penawaran yang ia berikan di sistem billing. Itu memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk ‘ngeles’ bahwa harga yang ditawarkan adalah Rp180.000 saja.

Tebakan saya, Rp50.000 itu adalah nilai fee yang diberikan pihak Bali Agung kepada tour agent untuk tiap tamu yang dibawa ke Bali Agung. Karena kami tidak melalui travel agent, maka kami dapat paket dengan harga yang miring karena miskom di pihak Bali Safari.

Bali Agung 1

Photo courtesy: balitheatre.com

Tips ke Bali Agung:

– Sebaiknya datang di musim panas, bukan musim hujan. Pun bila di musim hujan, datanglah hanya saat cuaca mendung tapi tidak hujan, kalau sudah hujan deras, aktivitas jadi terbatas.

– Lakukan reservasi tiket. Dengan demikian, Anda akan membayar di antrian yang berbeda dengan mereka yang tidak melakukan reservasi. Harga tiket pun bisa jadi lebih murah jika melakukan reservasi seperti pengalaman kami di atas. Pengetahuan Anda akan paket-paket juga lebih baik sehingga bisa memilih paket dengan lebih cermat, sesuai kebutuhan.

– Tidak disarankan untuk makan di restoran di dalam Bali Safari karena harga dan rasanya tidak worth it. Lebih baik makan dahulu sebelum datang ke Bali Safari, dan makan sepulang dari Bali Safari.

– Jika cuaca sedang panas, bawa kaos cadangan/sapu tangan/payung/topi/sun block untuk kenyamanan Anda.

IMG_20130203_113502

– Paket Silver untuk pertunjukan Bali Agung memberikan best-value karena merupakan paket paling hemat yang ditawarkan. Untuk mendapatkan kepuasan yang maksimal, Anda harus bersiap-siap di dekat pintu masuk untuk berebut seat. Untuk Paket Silver memang seat-nya di pinggir, tapi jika berhasil masuk awal (dan itu mudah sekali, hanya dibutuhkan kesiagaan) maka tempat duduknya nyaman untuk menonton pertunjukan, hanya selisih 1 meter dari seat Gold yang paling pinggir.

Ayo ke Bali Safari! Agendakan segera…😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s