Kelemahan Polytron W3430

Standar

Tanggal 7 Maret 2013 yang lalu Ibu saya mencari smartphone pertamanya. Singkat cerita, setelah melihat-lihat produk Polytron yang memiliki fitur yang lumayan untuk harga yang ditawarkan, Ibu saya berniat membeli Polytron W2430 (Rp1,8 juta) di Era Phone Ambarrukmo Plaza (saya dengar word of mouth ttg produk Polytron dari teman saya Alip) . Apa daya produk kosong. Akhirnya Ibu saya memutuskan untuk membeli Polytron W3430 (Rp2,5 juta).

Polytron-W3430-Wizard-Crystal-on-hand

Picture courtesy: ur-news.com

Spesifikasi handphone bisa dibaca di laman milik PolytronSelular Online, maupun Tabloid Pulsa. Produk ini ternyata sudah dirilis agak lama, yaitu September 2012 seperti yang bisa dibaca di Kompas.Com.

Untuk harganya yang sudah turun menjadi Rp2,5 juta, W3430 ini merupakan pilihan yang menarik untuk kategori smartphone berlayar besar. Dengan ukuran layar yang sama, merek lain menawarkan harga yang jauh lebih mahal (walaupun beda kecanggihannya). Untuk Ibu saya yang matanya memiliki rabun dekat, layar besar semacam ini sangat berguna.

Happy-nya lagi, bonus produknya banyak, mulai dari micro SD, screen guard, case, bahkan power bank. Lengkap, sudah nggak perlu tambah beli apa-apa lagi.

Nah, artikel lain mengenai Polytron W3430 pasti sudah menuliskan kelebihan dari produk (karena biasanya berupa publisitas/iklan). Saya mau menyampaikan kekurangan yang saya rasakan dalam menggunakan produk ini.

Sejak H1 pembelian, sudah terasa bahwa sensivitas layarnya kurang jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Y Duos milik saya. Tidak terlalu mengganggu, tapi tetap terasa kurang. Kalau mau dipermasalahkan pemakaian screen guard-nya, sama-sama menggunakan, kok.

Lalu masih ada kebingungan dengan data contact. Ada nama-nama yang tidak muncul di list contact, padahal kontak tersebut ada namanya di SMS, kalau diklik, ada keterangannya tersimpan di mana nama itu (kasus Ibu saya kontak ybs ada di gmail), tapi kalau kita melakukan pencarian dari menu kontak, nama itu tidak ada.

Sejauh ini fitur lainnya tidak mengalami masalah. Hanya dua hal itu saya yang baru ditemukan agak mengganggu. Demikian review saya untuk produk Polytron W3430 ini.

About aureliaclaresta

Female. Ex consumer researcher & lecturer’s assistant. Learning business by running small business. Sometimes become a nocturnal. Love JokPin's poems, dress, Dee’s & Ayu Utami’s books, photography, make up, and learning new things. Lived in Tg Pinang, Kutoarjo, Serpong, BSD, & Jakarta. Now stay in Jogja with mom, 2 brothers, and some employees. See her tweets @aureliaclaresta

23 responses »

  1. ane pakai POLYTRON W2430 Loh gan,, keren banget sumpah.. ane lebih puas makainya ketimbang XPERIA yang pernah ane pakai.. masalah List contact yang agan cerita diatas kemungkinan gak tampil di contactlist gara-gara gak sengaja salah pencet ‘Merge Contact’ di Setting Contactlist-nya.. itu ane yakin semua Hp dengan OS apapun pasti akan auto hide List contact yang kena ‘Merge Contactlistnya’.. ane belum tau cara memulihkannya kembali ke setting contactlist awal,, tapi cara paling klasik adalah di buat ulang contactlistnya..😀 kahkahkah sensitive touch screen yang gak terlalu responsif justru bagus kan untuk pengguna yang masih awam.. ane yakin untuk orang tua/parubaya yang baru memakai android pasti kewalahan mengotak atik layar smartphone yang terlalu responsif..🙂 CMIIW

    • terima kasih masukannya. Ttg sensitivitas layar, mungkin ada benarnya, untuk pemula mungkin lebih cocok menggunakan yang kurang sensitif, tapi ibu saya merasa akan lebih baik jika lebih sensitif.

      Untuk saya pribadi saya suka Samsung saya yang lebih responsive. Dan ternyata layar 3.14 inch milik Samsung Y Duos lebih ergonomis (enak digenggam) untuk aktivitas main game.🙂

  2. kalo udah tau enakan samsung, knp beli polyron???? emamg dik ota anda ga ada samsung???? mustahil lah. ini kyknya cm mau jelek2in merk product tertentu aja.
    kyk gini kok di blog sih???? kl ga suka ya jual aja beli deh samsung y duos kyk km punya, beres kan? jadi ga perlu koar2 disini. hue pake polytron w3430 fine2 aja tuh…. malah recoment bgt. u and mama u, payah ah…..

    • waktu beli polytron, belum tau, bro. saya juga nggak jualan HP. coba dibaca yang bener, itu review pengguna, saya sama sekali ada menyiratkan saya jualan HP. ckckck… jackpot nih dapet komen ga jelas kaya gini. hehehe.

  3. Kalau boleh tahu apa ibu anda masih pakai hp ini smpe saat ini?Karna saya minat polytron android juga tp ragu karena merk nya kurang meyakinkan.. Saya sbnrnya berniat samsung galaxy young duos tp setelah liat polytron w2400 dan kamera yg 5mp sy jadi bimbang. apakah android w3430 ini tdk ada masalah lain smpe saat ini?(terutama dlm internet dan sistem android nya) karena kan polytron masih baru dlm mengeluarkan smartphone. trima ksh sblmnya

    • beliau masih pakai Polytron hingga saat ini. Blm ada tanda2 memory shortage karena penggunaannya hanya di sekitar SMS, whatsapp, dan main games. kalau boleh saya sarankan beli yg Lenovo aja daripada Polytron. Alasan sudah saya kemukakan di post/artikel.

  4. waduh..kok dibanding sama duos…soal sensitif..kayanya lebih sensitif cristal dech…klo masalah nama itukan tinggal pengaturannya…bahkan waktu download youtube pake tube mate…pas video khusus high end w3430 bisa….sedang duos udah pasti ga kuat..buat saya beli gadget itu sama dengan beli teknologi..bukan beli merk…klo mau beli merk..beli baju aja…

  5. Jiah ngakak ane sis baca artikel ente. Hapus aja deh sis sebelum semakin banyak yang cela artikel ente. Y Duos di compare sama W3430 oh meeeen…!! ane nggak habis pikir😀
    yaudah deh pilihan adalah hak segala bangsa wkwkwkw

    • Saya nggak merasa ada yang perlu saya hapus. Saya nulis pengalaman saya aja dan pendapat saya sebagai orang awam. Kalau bagi Anda itu lucu, ya nggak apa2. Apakah Anda membuat artikel ttg smartphone juga? Boleh minta link? Saya mau belajar dari orang-orang yang lebih pintar. Tapi sejujurnya, menurut saya, gaya tulisan Anda nggak sopan.

  6. Kalo masalah sensitivitas layar kan sudah ada dlm pengaturannya..masuk menu pilih pointer speed…di situ ada pilihan yg bisa di sesuaikan bisa cepat bisa lambat…maaf jangan posting suatu hal yg anda blm paham benar…ini produk anak bangsa yg bisa di banggakan…jangan krn ketidak tahuan/ kebodohan membuat kita menuliskan sesuatu yg blm di pahami

Tinggalkan Balasan

