Makan @ Jogja [20]: Musiro Fusion Korean Food

Standar

Tadi malam saya berkesempatan mencoba makanan Korea di Musiro. Pengalaman saya untuk makanan Korea sangat minim. Saya hanya pernah mencicip makanan Korea di Arirang Jl Tentara Pelajar, Jogja (saat ini sudah tutup, diganti Jang Geum). Di Silla saya memesan makanan bento yang nampaknya bukan merupakan makanan Korea.

Dilihat dari tempatnya, ketika masuk saya tidak yakin tempat ini oke. Mengapa? Karena nampak bukan tempat makan yang pro dari desainnya. Lebih cocok disebut rumah makan daripada restoran (beneran, serasa makan di rumah orang Korea). Tapi saya menemukan makanan yang menarik untuk dicoba.

Tuna Gimbab Set

Saya mencoba Tuna Gimbab (Rp22.000 nett) yang sekilas nampak seperti sushi-nya Jepang. Tuna Gimbab ini isinya ada telur dadar, crab stick, sosis, wortel dan sayur hijau yg sudah diolah (kemungkinan ditumis), dan tuna yang sudah lumat (seperti pada topping pizza). Surprisingly, rasanya enak lho, tidak plain. Saya menduga, rasa gurihnya didapat dari tuna dan sayurannya yg ditumis. Harganya worth-it dibandingkan dengan rasanya. Sejauh ini, inilah varian sushi yang oke yang bisa saya temukan di Jogja (setelah Sentana Bistro tutup). Tuna Gimbab saya beri nilai 7. Oh ya, ada bonus kimchi-nya, saya cicip, tetep ga suka. Di paket ini ada juga semacam sup-nya, kalau di makanan jepang semacam miso soup, tapi ini bukan miso.

Biasanya saya nggak akan pesan sushi sejenis ini (yang ada nori-nya di luar nasi) karena rasanya cenderung hambar/plain. Nah, gimbab di sini bedanya dengan sushi adalah tidak disajikan dengan saus (yg seperti kecap asin). Entahlah rasa asli  gimbab itu bagaimana, tapi yang saya makan sesuai dengan motto-nya Musiro: Resep Korea Lidah Indonesia. Cocok!

Budae Jjigae

Untuk menu Budae Jjigae (Rp30.000 nett), saya tidak begitu suka. Rasanya pedas (saya tidak terlalu tahan pedas) dan asam (saya nggak suka makanan asam). Budae Jjigae ini nampak seperti kuah Tom Yam yang merah itu. Isinya ada Nasi, ham sapi, sosis sapi, daging sapi giling, tok (kue beras), bawang bombay, kimchi, dan makaroni (tulisan di menu). Saya sendiri melihat ada tambahan tauge dan telur di atasnya.

Cool Goguma Latte

Untuk minuman, saya mencoba Cool Goguma Latte (Rp8.000 nett). Kombinasi ubi dan susu. Terkesan paduan yang aneh bagi orang Indonesia. Rasanya seperti susu segar yang ada gumpalan-gumpalan susunya (akibat dibuat dengan air es), tapi gumpalannya sebenarnya dari ubinya. Rasa ubinya nggak kerasa sama sekali. Ya, boleh lah untuk dicoba.

Karena saya haus, saya pesan lagi Guava Juice (Rp6.000 nett). Rasanya hampir hambar dan tidak terlalu kental. Jusnya sehat nih, nggak banyak gulanya. Tapi rasanya jadi kurang menarik. Ternyata Lemon Cha (Rp5.000 nett) teman saya juga ga manis. Apakah minuman orang Korea tidak manis? Atau pemiliknya pro makanan rendah gula? Yah, kalau kurang manis, tinggal minta tambah gula aja kali, ya.

2013-01-24 20.13.08

Musiro ini tidak memiliki AC, adanya kipas angin. Ketika masuk, hawanya agak sumuk (karena di luar adem, malem soalnya), tapi ada kipas angin yang menolong, dan tubuh juga bisa beradaptasi. Nggak sampai keringetan sih duduk di sini (waktu malem), jadi masih cukup nyaman untuk makan di sini. Kursinya dari kayu dengan bentuk yang agak etnik, cukup makan tempat, waktu saya mau meninggalkan meja sempat kesenggol juga mejanya. Mungkin karena kursinya, mungkin karena sayanya saja.

Selamat mencoba! Rekomendasi saya cuma untuk gimbabnya (sementara ini), nanti kalau udah icip-icip lagi dan ada yang enak, saya tulis review lagi, yaa.

Musiro Fusion Korean Food

Alamat: Jl Alamanda No.2 Yogyakarta

Delivery: 081578811533 / 0852223203888

Facebook: Musiro Korean Food

Twitter: @MusiroKoreaFood

Logo halal: ada

Jalan menuju Musiro: Di Jalan Affandi/Gejayan ada bakery Swiss House, seberangnya ada gapura, masuk gapura itu, 100 meter di kanan (Utara) jalan.

Note: dulu sebelum pindah ke Jl Alamanda, outlet lama ada di jl Affandi, dekat Swiss House Bakery.

Photo Courtesy: Aurelia Claresta U

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s