Mitos dalam Pertumbuhan Bisnis

Standar

Menurut Edward D Hess dari University of Virginia, Darden School of Business, ada 3 mitos tentang pertumbuhan bisnis.

1. Semua pertumbuhan bisnis pasti baik

2. Lebih besar pasti selalu lebih baik

3. Bisnis harus bertumbuh atau mati

Mengapa demikian? Hess mengatakan bahwa tidak ada satu pun penelitian ilmiah di jurusan mana pun yang mendukung mitos-mitos tersebut. Pertumbuhan bisnis bisa jadi baik, namun bisa juga menjadi hal yang buruk. Pertumbuhan yang pesat tanpa didukung oleh persiapan dapat membuat kewalahan orangnya, prosesnya, dan juga fungsi kontrolnya.

growth

Photo courtesy: www.vitbergllc.com

Menurut Hess, istilah “bertumbuh atau mati” (grow or die) lebih tepat jika diganti menjadi “menjadi lebih baik atau mati” (improve or die). Perusahaan tidak selalu harus bertumbuh karena pertumbuhan bisnis juga memiliki konsekuensi. Resiko yang dihadapi antara lain quality control tertekan, kondisi finansial tertekan, mengurangi value yang didapat oleh pelanggan, menghilangkan/mengubah kultur perusahaan, dan meletakkan bisnis pada kompetisi yang berbeda.

Bisnis yang lebih besar memiliki resiko yang lebih besar. Salah satunya adalah kerumitannya menjadi bertambah, birokrasinya lebih banyak. Hal yang lebih mengerikan adalah bertemu dengan kompetitor (besar) yang baru dan kompetitif. Maka, bisnis yang lebih besar tidak selalu lebih baik.

Edward D Hess

Photo courtesy: http://www.edhltd.com

Pertumbuhan bisnis juga tidak selalu mendatangkan keuntungan. Ketika bertumbuh, bisnis memerlukan uang. Perhitungan yang salah dari seberapa besar uang yang keluar akan mendatangkan uang masuk, bisa membuat bisnis dalam bahaya. Ada kutipan yang tidak kalah penting dari Hess.

I have never, ever had a projection or worked with a projection that a company ever met. Everyone always overestimates how fast and how much money is going to come in

Oleh sebab itu pertumbuhan bisnis perlu direncanakan, dilihat pro dan kontranya, perlu juga ditangani dengan baik sehingga hasil akhirnya pun baik.

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s