Makan @ Jogja [18]: Restoran Menawan di Selatan Prambanan

Standar

Tanggal 31 Desember 2012 yang lalu, 2 teman mengajak saya makan siang akhir tahun. Awalnya saya diajak ke All Season Hotel / Ibis untuk makan di roof-top-nya. Tapi, karena teman yang punya ide makan di situ tidak bisa ikut, maka lokasi baru ditentukan. Saya hanya dikasih tau bahwa “restonya dekat Prambanan”. Oke, resto macam apa yang ada di situ? harusnya nggak lebih fancy daripada hotel, kan? Maka saya berpakaian kasual saja, kaos, jeans, sendal suade, dan tas tangan kasual kecil.

Saat teman-teman datang menjemput, saya merasa saya salah kostum. Mereka datang dengan pakaian mau ke mall plus aksesoris dan make up minimalis. Sampai restorannya, saya merasa salah kostum yang kedua kalinya karena restonya cantik dan cocok untuk fine dining. Bangunannya paduan antara nuansa kolonial dan etnik. Keramiknya adalah keramik jadul dengan motif kuno, ada candelier besar peninggalan Sukarno, ada taman dengan air mancur dan bangku taman dari batu, ada meja kayu dan kursi anyaman. Mengingatkan akan tipe-tipe restoran yang dirancang untuk tamu mancanegara di Bali.

Tapi yang sangat spesial adalah, dari restoran ini, kita akan mendapatkan pemandangan yang indah ke arah Candi Prambanan, dan Gurung Merapi. Pemandangannya tidak terganggu! Lebih baik daripada pemandangan bukit bintang karena lokasinya yang strategis, dekat dengan Candi Prambanan. Sesekali ada pemandangan pesawat terbang yang baru lepas landas / hendak mendarat, berputar dan melintas di atas restoran ini, terasa romantis.

Cek di sini untuk pemandangan restorannya.

2012-12-31 13.19.01

Welcome snack-nya menarik. Bahan lokal tapi diolah dengan profesional sehingga tampilan dan rasanya enak. Singkong goreng dengan sedikit tepung roti (tebakan saya), dan di atasnya ada keju lumeryang nyaris transparan, sering terlihat pada produk bakery (bukan mozzarella). Welcome snack-nya terlihat pada foto di atas.

Menu di Abhayagiri tidak terlalu banyak. Saya memesan Salmon. Awalnya ragu apakah akan fresh, tapi ternyata salmonnya LUARR BIASA.. Saya beri nilai 9 karena dimasak dengan tepat, kulitnya luar biasa garing. Siapapun bisa mendengar saya mengunyah kulitnya yang garing. Ada rasa asin yang pas sehingga kulit salmon ini sangat nikmat. Makanan ini disajikan pada dedaunan yang menjadi bed-nya, dengan jamur dan irisan anggur. Rasa manis dari anggur ini membuat makanan ini kaya rasa. Enak sekali. Harganya Rp110.000++

2012-12-31 13.21.30

Untuk minuman, sejujurnya saya menyesal mengeluarkan Rp50.000++ untuk orange juice. Tidak spesial & tidak ada inovasinya. Juice buah lainnya harganya Rp25.000++

Teman-teman saya memilih menu Blackpepper Beef (+/-Rp75.000++), Duck with Soft Boiled Egg and French Fries (Rp100.000 ++), dan Pan Roast Chicken with Butter Rice (Rp65.000++). Menurut saya, tidak ada yang outstanding dari menu tersebut.  Masing-masing saya beri nilai 7 (jika memasukkan unsur harga dalam penilaian). Oh ya, menu Duck aslinya menggunakan yellow rice alih-alih french fries.

2012-12-31 13.21.07

2012-12-31 13.20.50

2012-12-31 13.19.33

Oh ya, kami mendapatkan menu penutup yang luar biasa dan GRATIS, Apple Crumble. Saya beri nilai 9 juga karena enak DAN GRATIS. Apple crummblenya mengesankan karena ada efek mengagumkan dari crumble yang garing sekaligus rapuh. Pemanisnya ada cherry dan whipping cream. Konon ada promo gratis deset jika jumlah pembelian di atas Rp100.000, tapi sumbernya hanya celetukan tidak yakin dari teman saya. Semoga saja Anda bisa mendapatkan hal yang sama ketika berkunjung ke Abhayagiri.

with the delicious Apple Crumble

Restoran ini menjadi satu kesatuan dengan sebuah hotel, kolam renang, dan CANDI. Ya, karena ditemukan candi di dalam kompleks ini, maka pemilik tanah mendapat restu pemerintah untuk mengelola candi yang ditemukan dan sedang dipugar. Kolam renang dan candi rencananya akan selesai per Maret atau April 2013 menurut manager resto. Segeralah ke sini, jika ke Jogja! Highly recommended!

Abhayagiri Restaurant & Banquet Service

Alamat: Dusun Sumberwatu Sambirejo Prambanan, Yogyakarta, Indonesia 55511

Website: http://sumberwatuheritage.com/abhayagiri/

Telepon: (+62 274) 4469277

Facebook: Abhayagiri Restaurant

Twitter: @abhayagiri_food

Karena koordinat di website-nya kurang tepat, saya beri arahan untuk ke sana

Jalan menuju Abhayagiri : Dari arah Jogja, di lampu merah kompleks Prambanan, belok kanan (selatan), jalan terus hingga melewati rel kereta api, +/- 200 m di sebelah kiri ada toko bangunan PULUNG JAYA, belok kiri, jalannya memang kecil, ketika jalan habis (mentok), belok kanan, ikut jalan kecil tersebut hingga agak menanjak dan berkelok-kelok, temukan dinding pagar batu tinggi di sebelah kanan, area parkirnya seperti di gambar berikut ini (nampak dari jalan)

2012-12-31 12.49.54

Photo Courtesy: Aurelia Claresta U (all photos except 1) & Wenny Aulia/Runi (me & apple crumble)

note: semua harga belum termasuk PPN dan layanan sebesar 21%.

3 responses »

  1. Haha, asik banget ya baca tulisanmu Re.
    Jadi bisa membayangkan di sana.
    Trus, gayamu cerita tuh udah kayak wartawan kuliner aja.
    Kalau kamu tambah detil soal aroma, rasa, warna, dan tekstur masakannya pasti lebih seru.
    Misalnya kamu cerita bumbunya itu kerasa apa, cuma garam sama merica hitam atau ada aroma kayu manis. Misal pakai vinaigrette ditebak aja itu pakai cuka apa. Trus daun-daun saladnya itu pakai daun apa aja, rocket atau selada merah misalnya.
    Haha, semoga nggak ribet ya.

    • Wow, thanks pujiannya, Chris. Jadi semangat untuk nulis lagi. Hahahaha… Oke oke, aku udah belajar dari nonton acara-acara kuliner di TV kabel bagaimana mengomentari makanan. Akan diterapkan di tulisan selanjutnya, yaaa…🙂

Tinggalkan Balasan

