Relationship: Berjalan Bersama

Standar

Tentu semua orang sudah tahu bahwa dalam menjalani hibungan cinta yang serius, orang harus memiliki tujuan hubungan yang sama, pengertian, kejujuran, dan tentu saling ketertarikan. Kemudian, komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam menentukan keberlanjutan hubungan tersebut. Kesetiaan adalah hal lain yang akan dipegang oleh mereka yang benar-benar serius dalam menjalani hubungan tersebut.

Kali ini saya ingin mengibaratkan sebuah hubungan cinta yang serius itu seperti dua orang yang akan menempuh perjalanan yang jauh dalam jangka waktu yang tidak diketahui. Beberapa hal yang mereka butuhkan dalam perjalanan itu adalah:

1. Kecepatan berjalan yang tidak berbeda jauh

Jika seseorang memilih partner yang berjalan terlalu cepat, tentu ia akan kelelahan sendiri karena terpaksa berjalan di atas kemampuannya dan kewalahan untuk mengejar-ngejar langkah partnernya. Jika orang itu berjalan terlalu lambat, maka ia akan menjadi lelah sendiri juga, karena harus berhenti berkali-kali di perjalanan, menunggu partnernya mengejar ketertinggalan.

2. Dapat menikmati hal yang sama

Perjalanan akan sangat menyenangkan ketika salah satu dari mereka berhenti untuk mengagumi serumpun bunga liar yang cantik sekali, namun jarang sekali bisa ditemui, dan partnernya juga bisa menikmati hal itu. Perjalanan yang berat akan terasa sangat ringan jika kedua orang tersebut bisa menyanyikan lagu-lagu riang yang sama (alih-alih ketika yang satu bernyanyi, yang lainnya menutup telinga karena merasa lagu pilihan partnernya jelek sekali), atau sama-sama bisa bertukar teka-teki konyol yang tak habis-habis.

3. Kemandirian

Sangat menyenangkan bisa melakukan perjalanan dengan seseorang yang mandiri. Orang yang bisa membawa sendiri, seluruh perlengkapan dan beban yang menjadi tanggung jawabnya. Orang yang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri selama di perjalanan.

Tentu akan menjengkelkan kalau berjalan bersama seseorang yang ngotot mau membawa hal-hal yang tidak bisa dibawanya sendiri dan malah meminta partnernya untuk membawakan perlengkapannya. Ckckck

4. Keceriaan

Mengingat perjalanan yang akan dilalui akan sangat sangat jauh dan pasti akan ada saatnya kelelahan akut menyandera, maka satu sama lain harus bisa membawa keceriaan dalam perjalanan tersebut. Keceriaan, penghiburan adalah hal yang sangat penting untuk perjalanan panjang tersebut.

5. Kedewasaan

Sebuah perjalanan yang jauh dan berat, bukanlah perjalanan bagi anak-anak. Anak-anak yang masih suka main-main, tidak serius, belum berpikir panjang dan penuh perhitungan, dan masih suka ngambek tidak cocok untuk menjalani perjalanan yang berat dan butuh banyak persiapan.

6. Tangguh dan dapat diandalkan

Ketika perjalanan membawa kedua orang tersebut ke suatu daerah yang sepi penduduk, dan terjadi suatu masalah dengan salah satu dari mereka, maka yang satunya harus bisa mengatasi masalah itu dengan kepala dingin dan tidak gentar menghadapi masalah tersebut.

Saya rasa, poin 2 sampai 6 cukup mudah untuk dipahami. Bagaimana dengan poin 1. Bisa menerka-nerka maksud saya?

Jika anda pernah menjalani perjalanan panjang seperti itu, tentu anda dapat memperkaya list yang saya buat ini… Bagaimana? Mau menambahkan? Ini giliran anda🙂

6 responses »

  1. Tambah satu Neng. “Kepercayaan”.
    Perjalanan bersama itu lebih lama dilakukan di keramaian masyarakat daripada tidak, akan banyak interaksi dengan berbagai jenis orang. Aku percaya bahwa kepercayaan termasuk di daftar kebutuhan itu🙂

  2. entah ya Re…

    jika ingin menambahkan. mungkin: perjalanan bersama yang menyenangkan adalah perjalanan bersama yang membawa kebahagiaan.

    a good relationship is a relationship which is always makes us happy.
    there will such a bad time, or a good time.
    but still, both of it make us happy.

    dalam artian lain, jika ada hal yang membuat kita senang dalam suatu hubungan kita bisa melihatnya sebagai sebuah anugerah untuk dibagi bersama. Tapi, jika ada masalah sekalipun, dengan sangat mengherankan, kita juga bisa melihatnya sebagai ‘anugerah’ yang sama besar untuk dipelajari.

    hubungan yang menyenangkan akan buat kita selalu tersenyum🙂

    *teruslah langgeng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s