Pendidikan Mematikan Kreativitas

Standar

Sebuah momen telah membuat saya tergelitik lagi untuk terus menambah wawasan saya. Sungguh, saya kira saya bisa sangat frustasi kalau wawasan saya tidak berkembang seiring dengan bertambahnya umur. Mengapa?

Hidup akan berhenti di suatu titik ketika seseorang berhenti belajar.

Terdengar seperti kutipan dari seseorang? Entahlah, saya hanya menulis apa yang saya pikirkan.

Ken Robinson

Dalam rangka itu (baca: menambah wawasan) saya membuka situs TED: Ideas Worth Spreading yang saya ketahui dari seorang teman. TED adalah singkatan dari Technology, Entertaiment, Design. Ribuan ide orang-orang luar biasa didokumentasikan dalam video dan dibagikan melalui TEDTalks.

Saya memilih menontoh salah satu video dari Sir Ken Robinson. Judul videonya adalah “Ken Robinson says schools kill creativity”. Ia adalah orang Inggris yang memiliki minat pada pendidikan, menjadi dosen di University of Warwick selama 12 tahun, dan seumur hidupnya didedikasikan untuk menyerukan bahwa sekolah-sekolah di dunia telah menciptakan manusia-manusia yang kehilangan kreativitasnya.

Our education system has mined our minds in the way that we strip-mine th earth: for a particular comodity. We have to rethink the fundamental principles on which we’re educating our children – Ken Robinson

Di sekolah, doktrin-doktrin dan peraturan telah membuat anak takut untuk melakukan kesalahan (curcol: as i was and i am now). Ya… Saya rasa beliau sangat benar dalam hal ini. Ketika kita takut untuk berbuat sesuatu yang di luar kebiasaan, di luar teori, di luar akal sehat, dsb… Maka kreativitas kita terbunuh sebelum lahir.

If you’re not prepared to be wrong. You’ll never come up with anything original – Ken Robinson

Masih banyak hal di dunia ini yang salah. termasuk sistem pendidikan yang sudah di-develop sekian ratus tahun. Manusia sedang membunuh kehidupan itu sendiri.

If all the insects were to disappear from the earth within 50 years, all life on earth would end. If all human beings disappeared from the earth within 50 years, all forms of life would flourish – Jonas Salk

Tinggalkan Balasan

