Resolusi [Kenapa] Tahunan?

Standar

Umumnya orang membuat target atau resolusi per tahun. Sering kan, melihat tulisan Resolusi tahun 2010 atau Daftar target tahun ini.



Secara tidak sengaja saya menuliskan target tahun 2010 di ‘about me’ Facebook saya. Alasan awalnya adalah karena saya rajin banget mbuka FB dan tulisan di situ tidak akan ter-generate seperti status FB. Posisinya juga sangat strategis untuk mengingatkan saya setiap kali log in, apa yang saya telah targetkan untuk tahun ini.

Namun, secara tidak sengaja juga, karena jumlah karakter di situ dibatasi, maka, saya tidak bisa menambahkan target sebanyak-banyaknya.

Lesson learned: buat target tidak baik juga kalau kebanyakan: ambisius dan tidak fokus.

Karena ingin menghemat karakter, tiap ada target yang sudah tercapai, saya hapus, sehingga ada sisa karakter untuk target-target baru. Hal ini membuat saya memiliki list target yang up to date.

Lesson learned: apa yang sudah tercapai, tidak perlu dilihat lagi, tidak perlu dirayakan berlebihan. Fokus saja pada target berikutnya.

Another lesson learned: harusnya, target itu diperbaharui lebih sering daripada setahun sekali. Target yang dibuat di awal tahun, belum tentu relevan di tengah tahun.

Jadi, resolusi nggak perlu embel-embel tahun, kan?

Tinggalkan Balasan

