10 Peringkat Indonesia di Dunia

Standar

Beberapa hari ini saya agak jarang nonton tv. Rasanya nggak ketemu acara yang bagus untuk ditonton. Pengen ke Movie Box (rental VCD/DVD film) ehm, kayanya belom saatnya. Belom benar-benar butuh nonton. Ini adalah acara yang saya tonton tanggal 11 Juli 2009 jam sekitar jam 23.00 WIB: Metro 10 (nggak usah disebut lagi donk, channelnya apa….)

Peringkat:

10. INTERNET

Indonesia masuk lingkaran 15 besar dunia dalam kategori pengakses internet terbanyak. Di tingkat Asia, Indonesia masuk 5 besar. Urutan pertama adalah China (298 juta), disusul Amerika Serikat (228 juta), dan Jepang (94 juta).

9. EKONOMI

Lagi-lagi Indonesia masuk dalam 15 besar negara di dunia yang GDP-nya tertinggi. GDP adalah singkatan dari Gross Domestic Product. Pendapatan per kapita penduduknya diperkirakan $3,900. Namun mirisnya, sekitar 17,8% dari 238 juta penduduk berada di bawah garis kemiskinan.

8. BANDAR UDARA

Data kemendagri (kementrian dalam negri) menyebutkan bahwa Indonesia merupakan urutan ke-13 di dunia dalam jumlah bandar udara. Bandar udara di Indonesia dilaporkan ada 498 buah. Bandingkan dengan Jerman yang memiliki 625 bandara. Sebagai informasi, luas negara Jerman adalah 357.021 km persegi dan Indonesia luasnya 1.904.569 km persegi.

7. GAS ALAM & MINYAK BUMI

Indonesia (katanya) memiliki cadangan minyak sebanyak 9,7 juta barrel dan cadangan gas alam sebanyak 146,7 triliun kaki kubik. Oleh karena itu Indonesia menjadi negara nomor 16 penghasil gas terbesar di dunia. Konsumsi gas Indonesia sendiri hanya 35% dari produksinya. Sedangkan untuk BBM, konsumsi lebih besar daripada produksinya. Konsumsi yang besar ini terutama oleh penggunaan kendaraan bermotor.

6. MAHASISWA

Data direktorat jendral pendidikan tinggi (DIKTI), Indonesia memiliki 2.700an perguruan tinggi dengan 14.500 prodi dan 1,9 juta mahasiswa. Oleh sebab itu, Indonesia masuk dalam 9 besar negara dengan mahasiswa terbanyak. Amerika memiliki 14,3 juta mahasiswa, India 6 juta, dan Jepang 4 juta.

5. PENCEMARAN AIR

Setiap harinya, sebanyak 775 ton polutan mencemari air di Indonesia. Indonesia merupakan negara urutan nomor 6 dalam hal ini. Urutan pertama adalah China, kedua Amerika Serikat, dan ketiga India (semua negara ini memiliki industri besar-besaran). Hal ini juga merupakan faktor mengapa tidak satupun kota di Indonesia merupakan kota ternyaman Asia.

4. TENAGA KERJA

Tahun 2008, Indonesia tercatat memiliki 112 juta pekerja (apakah maksudnya buruh atau angkatan kerja???). 42% berada di sektor pertanian, 12.6% di industri, belasan % di sektor jasa. Tercatat juga 19 juta orang belum memiliki pekerjaan alias pengangguran.

3. JUMLAH PENDUDUK

Jumlah penduduk Indonesia sejak lama diketahui berada di posisi 4 dunia dan 3 Asia. Tertinggi adalah China (1,3 miliar) , dilanjutkan oleh India (1,14 miliar) dan Amerika (303 juta). Juni 2008 tercatat penduduk Indonesia berjumlah 237,5 juta jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk di kisaran 1,2 atau 1,3%. Oleh karena itu, sangat penting bagi Indonesia untuk membenahi fasilitas publiknya. Diperkirakan penduduk Indonesia akan berjumlah 337 juta jiwa di tahun 2050. Laju pertumbuhan penduduk seperti ini diperkirakan akan menyebabkan daya dukung lingkungan tidak seimbang.

2. AIR TAWAR

Volume aliran air tawar Indonesia ada di peringkat 3, setelah Brazil (dengan Amazon-nya) dan Kanada. Mirisnya, aliran ini tidak merata. Di berbagai daerah seperti NTT dan Gunung Kidul, air susah didapatkan.

1. MAMALIA & SPESIES TERANCAM PUNAH

parrot fish

parrot fish

Waduh, di peringkat pertama kok hal yang jelek ya. Menurut data IUCN 2008, terdapat 833 spesies terancam punah. Indonesia berada di posisi ke-4 di dunia setelah Ekuador, Amerika Serikat, dan Malaysia. Data mahasiswa pecinta lingkungan menyebutkan sebanyak 114 jenis burung, 28 reptil, dan 21 jenis ikan di Indonesia terancam punah.

Wedew…wedew…. cape juga ngetiknya. Hahaha… Anyway.. yah, inilah fakta yang terjadi di Indonesia. Kita harus tahu untuk bisa peduli. Seberapa valid datanya rasanya tak begitu penting lagi kalau tujuannya adalah menggugah kesadaran kita akan lingkungan alam dan sosial. Ayo, kita harus hidup dengan kesadaran penuh. Hanya kita yang bisa membuat semua hal menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Smangattt ^_^

About aureliaclaresta

Female. Ex consumer researcher & lecturer’s assistant. Learning business by running small business. Sometimes become a nocturnal. Love JokPin's poems, dress, Dee’s & Ayu Utami’s books, photography, make up, and learning new things. Lived in Tg Pinang, Kutoarjo, Serpong, BSD, & Jakarta. Now stay in Jogja with mom, 2 brothers, and some employees. See her tweets @aureliaclaresta

9 responses »

  1. Komentar apa ya? Hmm…
    “no comment” termasuk komentar kan?

    Yuk yuk yuk, kita bikin gerakan apa gitu yang kecil, sederhana tapi maknyus (jika dan hanya jika ada hal semacam itu di sini…).

    Ada yang lupa diperingkat tuh, tingkat polusi rata-rata di kota Indonesia, jumlah sepeda motor terbanyak juga mungkin.

  2. kalo datanya akuarat berarti kita tidak bisa tinggal diam, dan mencaci maki kepada penguasa.tapi mulailah kita melakukan sesuatu yang walau kecil tapi berarti untuk negara tercinta.apalagi lulusan PT banyak tapi ga bisa bekerja dan bersaing dengan negara lain, apa tidak memalukan.kita jgn selalu ingin menyalahkan orang lain, tapi kita harus bertanya apa yang bisa disumbangkan untuk nama baik indonesia.kalo mahasiswa dan pelajar belajar aja tuh yang benar. . . oke ?siapa yang tau berapa peringkat pertumbuhan angkatan kerja kita di dunia ?

  3. yuk kita buat organisasi lingkungan ato ngga kita buat organisasi pemuda indonesia peduli lingkungan.
    langsung aj ntar kontak2 di email aku yah!!! kalo mau…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s