Mengapa harus lewat Malaysia?

Standar

Tanggal 28 Oktober 2008, Widy berangkat ke Perancis. Dia tinggal di Solo Berangkatnya bukan dari Soekarno Hatta (Cengkareng, Banten), tapi dari Bandara Adisucipto – Yogyakarta, dan transit di Kuala Lumpur International Airport (KLIA). Selanjutnya baru lanjut ke Paris Charles de Gaulle International Airport (CDG) .

Kuala Lumpur International Airport

Kuala Lumpur International Airport

Yanuar Kurniawan, teman kampus saya… Berangkat ke Australia untukmenyelesaikan S1-nya di sana. Lewat mana? Lewat Kuala Lumpur juga. Dan masih banyak lagi yang melakukan hal serupa. Apa pasal? Kalau lewat KL lebih murah total biaya tiketnya, daripada langsung ke Paris (dari Soekarno Hatta) atau langsung ke Australia (dari Indonesia)…

Sebal….

Indonesia harus berbenah!!! (jangan cuma mbahas RUU Pornografi… bukannya melakukan sesuatu yg nyata).

Indonesia jauh tertinggal…. KLIA meng-klaim dirinya sebagai WORLD’S BEST AIRPORT. Bagaimana dengan Soekarno Hatta???

sumber foto KLIA: http://www.flickr.com/photos/stuckincustoms/2384405088/

10 responses »

  1. aku juga pernah lewat situ, dan emang bagus banget. proses keluar dan masuknya cepet banget. di dalam airport ada stasiun bis dan kereta yang langsung ke kota. di stasiun kota (KL) kita juga bisa check in untuk beberapa airline. prose3snya cepet dan gampang dan tempatnya emang bagus.

  2. rei kuuuu.. itu semua tergantung orangnya sayang… sbenarnya bbrp penerbangan int ada kok yg dr soekarno hatta lgsg ke negara tujuan.. namun entah mengapa kok jatuhnya terkadang lebih mahal dr klo kita musti transit dulu di KL ato di spore (biasanya)..
    contoh terbaru jkt-hongkong naik china airlines 1 seatnya 3jutaan. tp kmarin brangkat dr jogja-KL (transit) baru KL-hongkong jatuhnya cm 1.4 jutaan naik air asia..
    klo buat anak kost yg rajin makan tempe ama mie kyak aku, lbh milih yg murah lahhh.. sama aja, lbh murah, yg penting nyampe dgn selameeeett..
    tp klo bandara int Indonesia memang kurang OK.. kurang ada mall, n kurang hitech!! di desain ulang agar lbh futuristik.. untung adi sucipto udh rencana mo bebenah..
    hahahahahhhahahahaaaahahah

  3. @ nantyo
    thanks ya, buat sharingnya🙂

    @luluQ
    nah itu… maksud gwe, luQ… lebih murahnya itu… yang bikin kita harus mampir KLIA dulu😦

  4. ehmmmm, emang Widy berangkatnya naek apa Re? Klo emang naek pesawatnya malay, wajar aj klo mampir disana. kmrn naek royal brunai jg mampir di brunai kok, trus malah mampir lagi di bangkok. setauku itu masalah waktu ma jalur. soalnya pesawat kan ga kyk bus ato kereta, salah dikit bisa2 ga nyampe negara tujuan. trus ad juga yg connecting flight ato ganti pesawat. soalnya ad pesawt yg emg khusus buat ngangkut penumpang dari negara2 sekitar ke base nya dia. klo KLIA emang ak akui bagus bgt. bandara itu juga termasuk baru kok, baru beberapa tahun. jdi SH masih bisa ngejar klo mau. Asal pelayanannya oke, tampilan ga wahh juga gpp deh. yg penting diberesin itu dalamnya dulu, hehe, baru luarnya.

  5. @ Paris
    Ditinggal sih gapapa, ris🙂 kan cuma 3 bulan ini. Kalo 3 taun sih, ya…. masalah besar😛 Hahahaha

    Aku tau, dia bisa ngeliat tempat2 yg bagus2… merasakan salju…
    Tapi awas aja kalo dia berani mengen-mengenin aku…. (itu namanya kurang ajar) Hahahaha….

    Lewat Malay karena tiketnya lebih murah, ris, daripada berangkat dari Soekarno Hatta….
    Itu lho masalahnya yg aku ributin
    Kok bisa, Malaysia Airlines ngasi harga murah

  6. Wah, kok pada jadi ngedumel gitu seh…
    Terbang dari Soekarno Hatta lebih mahal, lihat dulu airlinenya dan kalau book tiketnya jauh2 hari bisa dapat yang lebih murah. Kalau naik Malaysian Air pasti lah transit di KLIA, jadi seperti feeder, baik yang dari Aus, atau lainnya dibawa ke KL dulu. Kalau naik Garuda trus ke KL karena Garuda gak punya penerbangan ke Eropah, jadi code share dengan Malaysian Air trus naik MAS ke Paris. Tiket mahal-murah juga tergantung airlinesnya, contohnya SQ karena penerbangan nomor wahid tuh…cobain deh first class/business classnya buat long haul flight, terasa nyaman dan dimanjakan. Kalau KLIA, bangunannya bagus cuma gak janji deh kalau ke sini. Lebih enak Changi lebih berkelas.

  7. Maaf numpang nebeng.saya setuju dgn Rohmat.GA ada code sharing sm Msia airline.jadi karna GA belum lulus terbang ke Eropah,passenger GA naik MAS.KLIA rmh nya MAS.Jadi penumpang yg mau meneruskan perjalanan harus transit alias tukar pesawat.Ada beberapa tips yg sy tau.tante sy beli tiket GA ke KL.tapi operate by MAS harganya lbh murah kalo dibeli langsung ke MAS.Dan kemaren sy beli tiket KLM ke Belanda tp milih operate by MAS.jadi saya irit sekitar 2 jutaan.MAS lebih mahal karena udah dpt mengekalkan status 5 star airline in the world yg cuma ada 6 maskapai.Dari skytrax

    Ttg KLIA meng-klaim dirinya sebagai WORLD’S BEST AIRPORT.hehe itu bukan claim tayang…itu award yg didapet dari skytrax udah beberapa tahun berturut2 antara 6 airport terbaik ddunia.Di Forbes jg ada.bkn dari segi bangunan aja,tapi dari segi,efiensi,bersih,dll

  8. Hmmm… setau saya sih tergantung maskapainya. Saya pernah berangkat JKT-KL dan JKT-Singapore naik maskapai Lion(nasional) lebih murah daripada maskapai negara tetangga. Contoh, temen saya dari ke Korea naik air asia PP habis 4 jt-an. Klo Garuda, wah… 10 jt lebih.
    Kalau soal via/transit memang begitu, maskapai Indonesia ke Eropa/US memang tidak bisa secara langsung, harus transfer ke maskapai lain, jadi wajar jatuhnya lebih mahal.

    Soal bandara? wah, KLIA memang jauh dibandingkan Soetta!!! KLIA bukan klaim aja bro, memang sudah dpt award “Best Airport” tahun 2007 atau 2006 klo ga salah. Mungkin yg harus dibenahi adalah masalah Airport Tax. Setau saya Indonesia adalah satu-satunya negara yg ada airport tax!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s