Aku tahu, aku akan belajar menari (lagi)…

Standar

Yanuar, temen KKN saya pernah bilang kalau saya orangnya fanatik. Kayaknya dia memakai diksi yang salah, karena dia mencontohkan saya yang semangatnya musiman. Kalau lagi suka nonton voli plastik, tiap hari nonton. Gitu…

Nah, semalam saya mengunjungi Padepokan Seni Tjipta Budaja, di Tutup Ngisor, di lereng Merapi. Di sana saya melihat Pak Sitras Anjilin, kedua anaknya, Mas Eka, dan 2 Mas -yang namanya hilang di selokan ingatan saya- lainnya menari. Menari tanpa musik. Dalam hening saja…. Tarian ini fokus utamanya bukan pada keindahan, namun pada RASA. Bagaimana dengan sadar, seseorang menari dan menggerakkan tubuhnya ke mana tangan, kaki, jari, pinggang, pinggul, dan tubuhnya mau bergerak… Ke mana saja… Terserah… Gerakan apa saja… Terserah… Semua spontan… Semua bebas… Tubuh ini tidak terkungkung.

Sebenarnya di balik spontanitas itu, ada makna-makna juga. Karena (kemarin) narinya ber4, maka kadang ada gerakan-gerakan yang melibatkan orang lain…. Gerakan-gerakan itu kadang melambangkan air, api, matahari, dll…. Kata Pak Sitras, tarian ini tidak populer di Indonesia. Orang Jawa nggak tertarik dengan cara nari begitu, katanya. Dalam hati, saya berkata, saya orang Indonesia, Pak. Saya tertarik, dalam hati saya berkata. Saya ingin menari, tapi semalam tidak diajak, tidak dijemput. Malu😛 Hahahahaha

Tapi saya akan belajar menari… Ini tekad. Saya harus belajar setidaknya satu tarian…. Saya suka menari. Dan saya mau menari lagi🙂

About aureliaclaresta

Female. Ex consumer researcher & lecturer’s assistant. Learning business by running small business. Sometimes become a nocturnal. Love JokPin's poems, dress, Dee’s & Ayu Utami’s books, photography, make up, and learning new things. Lived in Tg Pinang, Kutoarjo, Serpong, BSD, & Jakarta. Now stay in Jogja with mom, 2 brothers, and some employees. See her tweets @aureliaclaresta

3 responses »

Tinggalkan Balasan

