Ecoroof [new inspiration]

Standar

Masih ingat sama pelajaran sejarah waktu SMP/SMA: Taman Gantung Babilonia? Hahaha… Taman Gantung Babilonia. Taman ini dibangun oleh Nebukadnezar II sekitar tahun 600 SM sebagai hadiah untuk istrinya, Amyitis. Lokasi taman ini sekarang berada di Irak.Saya tiba-tiba ingat sama taman -yang merupakan satu dari 7 keajaiban dunia kuno– ini ketika membaca tentang ecoroof dari majalah Tempo, hari Senin yang lalu.

Ternyata ide mengenai pepohonan di bangunan bertingkat atau di atap sudah ada dari 2600-an tahun yang lalu. Lalu, pertanyaannya, kenapa ya, di kala dunia sekarang semakin panas, saya tidak pernah melihat atap-atap rumah yang ditanami dengan tumbuhan-tumbuhan kecil ya? Tapi, ecoroof memang agak ‘njlimet’ alias lebih repot mbikin/ngurusnya. Nah, kalau nggak mau susah-susah, pake tanaman rambat aja🙂 Asal beberapa bulan sekali, diguntingi ranting-rantingnya. Jangan lupa, pilih tanaman rambat yang nggak banyak semutnya🙂

Ecoroof ini memiliki berbagai fungsi, seperti keindahan, dan penurun suhu ruangan. Saya sudah membuktikan, kalau rumah yang menggunakan tanaman rambat untuk atap seng/asbesnya, suhu ruangannya juga lebih adem di tengah hari. Tanaman rambat ini sangat berguna untuk rumah-rumah beratap seng/asbes di negara tropis seperti Indonesia.

Kalau nggak punya lahan tanah yang bisa kita tanami pohon, dengan tanaman rambat, kita udah mbantu produksi O2 juga, kan? Go Green!!!

About aureliaclaresta

Female. Ex consumer researcher & lecturer’s assistant. Learning business by running small business. Sometimes become a nocturnal. Love JokPin's poems, dress, Dee’s & Ayu Utami’s books, photography, make up, and learning new things. Lived in Tg Pinang, Kutoarjo, Serpong, BSD, & Jakarta. Now stay in Jogja with mom, 2 brothers, and some employees. See her tweets @aureliaclaresta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s