Psikolog, Psikiater, Etika, Etiket ……

Standar

Pertemuan pertama kuliah Psikologi Dasar. Seorang lelaki dari arah belakang (saya memang duduk di barisan paling depan) bertanya… “Apa bedanya psikolog dengan psikiater, Bu?” Waduh…. Ini dia… Saya juga lupa, kapan saya mengetahui perbedaan kedua profesi itu (maksudnya untuk mengira-ira, apa saya pantes ngetawain dia, atau sebenernya ini wajar aja).

Tentu psikolog dengan psikiater berbeda. Karena saya tidak kuliah baik di fakultas psikologi maupun kedokteran, ya saya hanya mengingat perbedaannya begini:

Psikolog itu basic-nya psikologi. Jadi, lebih melayani curhat, konsultasi masalah, dsb. Nah, kalau psikiater itu aslinya dokter. Jadi, psikiater bisa memberikan obat penenang anti depressan dan sebagainya, sedangkan psikolog tidak.

Saya jadi ingat satu hal lagi. Tentang etika dan etiket. Kadang-kadang saya geli juga kalau menemukan orang menggunakan satu kata yang tidak tepat. Karena kata etika lebih populer, kadang-kadang orang menggunakannya untuk mengatakan sesuatu yang harusnya disebut etiket. Nah, tentang etika dan etiket ini saya ingat betul. Saya mengetahuinya sekitar kelas 3 SMA.

Gampangnya, etiket itu hubungannya sama sopan santun, tata krama. Kalau pas tidak ada orang lain, nggak masalah kok, mau makan sambil angkat kaki, mau ngupil saat makan. Sedangkan etika berhubungan dengan sesuatu yang hubungannya vertikal (pada Tuhan). Jadi mau ada orang yang lihat atau tidak, sesuatu yang salah tetap tidak seharusnya dilakukan.

Ya… demikianlah

About aureliaclaresta

Female. Ex consumer researcher & lecturer’s assistant. Learning business by running small business. Sometimes become a nocturnal. Love JokPin's poems, dress, Dee’s & Ayu Utami’s books, photography, make up, and learning new things. Lived in Tg Pinang, Kutoarjo, Serpong, BSD, & Jakarta. Now stay in Jogja with mom, 2 brothers, and some employees. See her tweets @aureliaclaresta

3 responses »

  1. psikolog bukan sekedar curhat tw..hehe (protes gitu…)……psikologi industri kerja di kantor…untuk pengembangan organisasi, pelatihan, dan masi byk lagi….hahahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s