Ketika Menjadi Orang Berbeda

Standar

Kadang kala, kita mendapati lingkungan yang baru kita masuki, tidak nyaman bagi kita. Orang-orangnya seolah-olah memiliki pemikiran atau tingkah laku yang jauuh dari kehidupan kita yang biasanya. Apa yang kita lakukan, kok tampaknya nggak tepat kalo dinilai oleh mereka. Apa yang baik menurut kita, tidak baik menurut mereka. Kita merasa mereka kurang modern atau kurang moderat, atau kurang kritis, atau kurang macam-macam jika dibandingkan dengan hidup kita. Akhirnya, kita sampai pada pertanyaan, apakah kita perlu mengubah diri kita. Karena semakin seseorang berbeda dengan lingkungannya, hampir pasti, orang itu akan merasa semakin terbuang, tersingkir… seperti pesakitan lepra.

Dalam kondisi demikian, kita memiliki pilihan. Mau mengubah kebiasaan, sifat, sikap menjadi seperti para ‘tetangga’ -baik di lingkungan rumah, kantor, sekolah, kampus, atau mana pun- atau mau tetap ‘menjadi diri sendiri’ dan keluar dari lingkungan itu Jangan sampai tekanan batin atas permasalahan ‘perbedaan’ tersebut mengganggu kita secara psikis. Kita harus cepat memutuskan, mau pilih yang mana.

Menurut saya, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk memastikan, mana yang harus kita pilih. Pertama, apakah dengan menyesuaikan diri menjadi seperti mereka, kita kemudian diterima & jadi masuk ‘zona nyaman’? Hal kedua yang harus dievaluasi adalah: apakah setelah kita berubah menjadi ‘mirip dengan lingkungan’ ada banyak hal yang harus kita korbankan, misalnya privasi, kemerdekaan berpendapat, kelebihan-kelebihan yang tidak bisa ditunjukkan lagi (atau malah pelan-pelan luntur dan menghilang), dll? Kalau jawabannya ya, maka kita harus pertimbangkan lagi, apakah tidak lebih baik kalau kita pindah ke lingkungan yang lain saja. Mungkin saja di lingkungan yang baru kelak malah kita dapat menemukan lingkungan yang lebih kondusif bagi kita agar dapat hidup lebih nyaman. Siapa tahu dengan menemukan teman-teman dan lingkungan yang baru, kelebihan kita bisa lebih terekspor dan berkembang.

Salam…

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s